Berikut ini RPP Mapel Matematika Kelas VII Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN 1 Weru
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII / 2
Materi Pokok :
Perbandingan
Pertemuan ke- :
1 dari 4 pertemuan
Alokasi
Waktu : 2 jam @ 40 menit (1 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural)
berdasarkan rasa ingin taunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak nyata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, mengarang)
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan sikap logis, Kritis, analitik, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak mudah menyerah dalam
pemecahan masalah.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3
Memiliki
sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam
interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
3.4 Memahami
konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan
hubungan dua besaran atau lebih.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menunjukkan perilaku bersyukur yang terlihat
dalam kegiatan berdo`a sebelum belajar dan khusuk dalam melakukannya.
2.1.1 Menunjukkan sikap tanggungjawab, sopan santun, dll
didalam kelompok belajar.
2.2.1 Menunjukan
sikap rasa ingin
tahu dan ketertarikan mempelajari materi “perbandingan”.
2.3.1 Menunjukkan sikap terbuka, santun, dan menghargai pendapat dan
karya teman dalam interaksi kelompok belajar.
3.4.1
Mampu menganalisa permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan konsep perbandingan.
3.4.2
Mampu
Menganalisa hubungan antara perbandingan, rasio, dan pecahan.
3.4.3
Mampu
Menganalisa pola untuk menentukan jumlah
atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan selisih atau jumlah
dua besaran diketahui.
3.4.4
Mampu
Menganalisa perbandingan dua besaran yang berkaitan denganm kecepatan.
C. Materi
Pembelajaran:
Perbandingan (rasio) adalah suatu bilangan yang digunakan untuk menyatakan sebuah
perbandingan ukuran atau nilai dari dua atau lebih objek
E. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
·
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa, kerapian, kebersihan, dan
kesiapan kelas;
·
Guru memberikan motivasi belajar;
·
Guru dan siswa mengadakan tanya jawab berkaitan dengan pengertian perbandingan;
ü
Apa yang dimaksud
dengan perbandingan?
ü Berikan contoh permasalah sehari-hari
yang mengandung konsep perbandingan!
·
Siswa mendengarkan atau menanggapi cerita guru
tentang manfaat mempelajari perbandingan;
·
Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan hasil
belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.
·
Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok (A-G) yang
terdiri dari 4 siswa/kelompoknya.
·
Guru memberikan intruksi/arahan terhadap tugas-tugas yang akan dikerjakan, yaitu:
1.
Setiap kelompok melakukan observasi untuk mencari
definisi perbandingan, permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan, hubungan antara perbandingan,
rasio, dan pecahan di kertas binder.
2.
Setiap kelompok mendiskusikannya di kelompok
masing-masing.
3.
Setiap anggota kelompok akan menceritakan hasil
temuannya kepada siswa di kelompok lain.
4.
Setiap siswa wajib mencari minimal 5 orang untuk
menceritakan definisi perbandingan dan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan
konsep perbandingan.
5.
Setelah bercerita, maka setiap siswa harus meminta
nama, tanda tangan, dan beberapa score dalam bentuk “gambar bintang”.
6.
Setiap orang boleh memberikan bintang maksimal 4
buah.
7.
Setelah waktu habis, maka seluruh score akan
dikumpulkan berdasarkan kelompok masing-masing.
8.
Guru merekap score, dan akan mengumumkan score
terbanyak.
|
20
menit
|
Inti
|
1.
Mari Mengamati/Observasi:
ü Siswa diminta
untuk melakukan observasi untuk mencari definisi perbandingan dan permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan, baik melalui internet maupun
buku-buku pelajaran.
2. Mari Mengeksplore/Mengumpulkan data
ü Menggali informasi mengenai
penerapan konsep perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
ü Menggali informasi tentang
cara menyatakan suatu
perbandingan.
3. Mari Menalar
ü Menganalisis permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan
ü Menganalisis hubungan antara
perbandingan, rasio, dan pecahan
ü Menganalisis pola untuk
menentukan jumlah atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan
selisih atau jumlah dua besaran diketahui
ü Menganalisis perbandingan dua
besaran yang berkaitan dengan kecepatan.
4. Mari Mengkomunikasikan
ü
Siswa
menyajikan secara tertulis bentuk-bentuk jawaban dari berbagai latihan materi
yang diberikan baik secara lisan maupun tertulis;
ü
Siswa
memberikan tanggapan hasil kerja teman di depan forum siswa di kelas
masing-masing, meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya;
ü
Membuat
rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
ü
Guru menilai sikap tanggungjawab dan fokus siswa
melalui teman sejawat .
5. Mari Menanya:
ü Guru
menanyakan
tentang penerapan konsep perbandingan dalam kehidupan sehari-hari;
ü Guru
menanyakan
tentang cara membuat perbandingan.
|
50
menit
|
Penutup
|
·
Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran;
·
Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
·
Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya,
yaitu belajar menggunakan konsep perbandingan, maket, dan peta.
·
Guru memberikan penguatan tentang hasil pembelajaran;
·
Guru menutup pembelajaran dengan do`a penutup majelis dan salam.
|
10
menit
|
F. Alat/Media Pembelajaran
ü Alat/bahan : papan tulis dan spidol.
ü Media : handout dan alam sekitar.
G. Sumber Belajar
§
Buku matematika ed. Revisi 2014 Kemendikbud RI untuk
Siswa.
§
Buku
Matematika seribu pena kelas 7, penerbit Erlangga, 2006.
H.
Remidial dan
Pengayaan
Bagi kelompok yang memiliki score terendah,
harus membuat ringkasan/kesimpulan tentang materi pelajaran yang baru saja di
bahas dan dipresentasikan di depan kelas.
I.
. Penilaian
a.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Khusyuk dalam berdo`a
|
Rubrik:
Pengamatan
|
Di awal dan akhir Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM)
|
3.
|
Sikap mau bertanya
|
Rubrik:
Pengamatan
|
Selama KBM
|
7.
|
Belajar Mandiri
|
Form:
Teman sejawat
|
Saat belajar mandiri
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Weru,
Drs. Syarif Saleh
NIP196602241997021001
|
Cirebon , Januari 2019
Guru
Matematika
Hj.Ari
Yunaeroh , S.Pd
NIP.196701021989022001
|
0 komentar:
Posting Komentar