Sabtu, 24 November 2018

RPP Mapel Matematika Kelas VII Semester 2



Berikut ini RPP Mapel Matematika Kelas VII Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SMPN 1 Weru
Mata Pelajaran                            : Matematika
Kelas/Semester                           : VII / 2
Materi Pokok                               : Perbandingan
Pertemuan ke-                             : 1 dari 4 pertemuan
Alokasi Waktu                              : 2 jam @ 40 menit (1 x pertemuan)



A.   Kompetensi Inti  :
1.   Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural) berdasarkan rasa ingin taunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak nyata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, mengarang)

B.   Kompetensi Dasar
1.1        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1        Menunjukkan sikap logis, Kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak mudah menyerah dalam pemecahan masalah.
2.2        Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3        Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok  maupun aktivitas sehari-hari.
3.4  Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih.


C.   Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.1.1    Menunjukkan perilaku bersyukur yang terlihat dalam kegiatan berdo`a sebelum belajar dan khusuk dalam melakukannya.
2.1.1    Menunjukkan sikap tanggungjawab, sopan santun, dll didalam kelompok belajar.
2.2.1 Menunjukan sikap rasa ingin tahu dan ketertarikan mempelajari materi “perbandingan”.
2.3.1    Menunjukkan sikap terbuka, santun, dan menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok belajar.
3.4.1     Mampu menganalisa permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
3.4.2     Mampu Menganalisa hubungan antara perbandingan, rasio, dan pecahan.
3.4.3     Mampu Menganalisa  pola untuk menentukan jumlah atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan selisih atau jumlah dua besaran diketahui.
3.4.4     Mampu Menganalisa perbandingan dua besaran yang berkaitan denganm kecepatan.



C.   Materi Pembelajaran:

Perbandingan (rasio) adalah suatu bilangan yang digunakan untuk menyatakan sebuah
perbandingan ukuran atau nilai dari dua atau lebih objek


E.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
·         menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa, kerapian, kebersihan, dan kesiapan kelas;
·         Guru memberikan motivasi belajar;
·         Guru dan siswa mengadakan tanya jawab berkaitan dengan pengertian perbandingan;
ü  Apa yang dimaksud dengan perbandingan?
ü  Berikan contoh permasalah sehari-hari yang mengandung konsep perbandingan!
·         Siswa mendengarkan atau menanggapi cerita guru tentang manfaat mempelajari perbandingan;
·         Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.
·         Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok (A-G) yang terdiri dari 4 siswa/kelompoknya.
·         Guru memberikan intruksi/arahan terhadap tugas-tugas yang akan dikerjakan, yaitu:
1.    Setiap kelompok melakukan observasi untuk mencari definisi perbandingan, permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan, hubungan antara perbandingan, rasio, dan pecahan di kertas binder.
2.    Setiap kelompok mendiskusikannya di kelompok masing-masing.
3.    Setiap anggota kelompok akan menceritakan hasil temuannya kepada siswa di kelompok lain.
4.    Setiap siswa wajib mencari minimal 5 orang untuk menceritakan definisi perbandingan dan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan.
5.    Setelah bercerita, maka setiap siswa harus meminta nama, tanda tangan, dan beberapa score dalam bentuk “gambar bintang”.
6.    Setiap orang boleh memberikan bintang maksimal 4 buah.
7.    Setelah waktu habis, maka seluruh score akan dikumpulkan berdasarkan kelompok masing-masing.
8.    Guru merekap score, dan akan mengumumkan score terbanyak.

20 menit








Inti
1.     Mari Mengamati/Observasi:
ü  Siswa diminta untuk melakukan observasi untuk mencari definisi perbandingan dan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep perbandingan, baik melalui internet maupun buku-buku pelajaran.

2.    Mari Mengeksplore/Mengumpulkan data
ü  Menggali informasi mengenai penerapan konsep perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
ü  Menggali informasi tentang cara menyatakan suatu perbandingan.

3.    Mari Menalar
ü  Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan
ü  Menganalisis hubungan antara perbandingan, rasio, dan pecahan
ü  Menganalisis pola untuk menentukan jumlah atau kuantitas suatu besaran apabila nilai perbandingan dan selisih atau jumlah dua besaran diketahui
ü  Menganalisis perbandingan dua besaran yang berkaitan dengan kecepatan.

4.    Mari Mengkomunikasikan
ü  Siswa menyajikan secara tertulis bentuk-bentuk jawaban dari berbagai latihan materi yang diberikan baik secara lisan maupun tertulis;
ü  Siswa memberikan tanggapan hasil kerja teman di depan forum siswa di kelas masing-masing, meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya;
ü  Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
ü  Guru menilai sikap tanggungjawab dan fokus siswa melalui teman sejawat .

5.     Mari Menanya:
ü  Guru menanyakan tentang penerapan konsep perbandingan dalam kehidupan sehari-hari;
ü  Guru menanyakan tentang cara membuat perbandingan.


50 menit
Penutup
·         Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran;
·         Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru;
·         Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu belajar menggunakan konsep perbandingan, maket, dan peta.
·         Guru memberikan penguatan tentang hasil pembelajaran;
·         Guru menutup pembelajaran dengan do`a penutup majelis dan salam.
10   menit


F.     Alat/Media Pembelajaran
ü  Alat/bahan     : papan tulis dan spidol.
ü  Media            : handout dan alam sekitar.


G.    Sumber Belajar
§  Buku matematika ed. Revisi 2014 Kemendikbud RI untuk Siswa.
§  Buku Matematika seribu pena kelas 7, penerbit Erlangga, 2006.

H.     Remidial dan Pengayaan
Bagi kelompok yang memiliki score terendah, harus membuat ringkasan/kesimpulan tentang materi pelajaran yang baru saja di bahas dan dipresentasikan di depan kelas.

I.       . Penilaian
a.      Prosedur Penilaian:

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Khusyuk dalam berdo`a
Rubrik:
Pengamatan 
Di awal dan akhir Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
3.
Sikap mau bertanya
Rubrik:
Pengamatan 
Selama KBM
7.
Belajar Mandiri
Form:
Teman sejawat 
Saat belajar mandiri






Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Weru,




Drs. Syarif Saleh
NIP196602241997021001


Cirebon ,    Januari 2019
Guru Matematika



Hj.Ari Yunaeroh , S.Pd
NIP.196701021989022001











Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Unggulan

Soal Online

  Berikut ini Soal Online Penilaian harian Perbandingan